The Journey

The Journey

My Long Journey to Wearing Hijab
                                             
Masihlah sangat jauuuuh dari sempurna apa yang kulakukan untuk menjalankan apa yang diperintahkan oleh-Nya, tapi aku berjanji untuk melakukan sekuat aku mampu

Sebagai muslim, wanita muslimah diwajibkan menggunakan Hijab/kerudung 
Ini adalah cuplikan perjalananku yang panjang dalam mengenakan kerudung,
Semoga sahabatku Muslimah bisa menjadikan tulisanku sebagai inspirasi dan penyemangat
Buat sahabatku nonmuslim bisa menjadikan tulisan ini sebagai penyemangat juga untuk menjalankan perintah Tuhan dalam Agama dan Kitabnya masing masing
Aku percaya, apapun agama dan keyakinan kita... ketika kita patuh dan tunduk pada apa yang diperintahkan Tuhan, hati kita akan selalu tenang,...

Dan ketenangan jiwa itu
Akan menjadikan kita menjadi manusia yang sehat dan berpenampilan baik
cantiiiik and cakeeep ^__^

Iya nggak tuh?
Biasanya orang yang selalu tidak tenang, tergesa gesa/gemrungsung, iri, dengki, marah, khawatir, biasanya juga terlihat langsung pada penampilannya juga...
kalaupun dia tetep kelihatan cantik n cakep, aura yang terpancar akan berbeda ...
Orang yang tenang, tulus ikhlas dan pasrah pada Tuhan
akan jadi orang yang menyenangkan diajak bicara, menentramkan dan memberi inspirasi...

Nah lho kok jadi kemana mana ya...

Pada Jaman dahulu kala disuatu saat dimasa perkuliahanku di Diploma III Fakultas Sastra UGM,
dihari ulang tahunku yang kesekian aku memutuskan mengenakan jilbab...
Saat itu belum begitu banyak temen di jurusanku yang mengenakan jilbab


Foto saat Kuliah Diploma III Bahasa Jepang
Tebak mana diriku?

Beberapa teman akrab disaat yang berbeda-beda mengatakan
"Kamu lebih cantik tanpa jilbab"...
Saat itu aku jelass aku mikirin omongan temanku itu...
Tapii, Supaya berkesan aku masih teguh dengan jilbabku waktu itu
aku bilang..
"Justru biar cantiknya enggak dilihat sembarang orang dong"...
*padahal malamnya glimpang glimpung gak bisa tidu, ha haaa...
"Apa iyaaa aku cantikan ga pakai jilbab?"
Siapa sihh cewek yang gak suka dibilang cantik?

Saat itu aku lagi masa peralihan dari gadis tomboy (dari SD-SMA) yang temennya cowok semua...
hobi berantem sama cowok... menjadi gadis yang lebih feminim...

Dihari lain aku yang masih sering tergiur mode dan pujian
Melangkah keluar pagar tanpa kerudung
Alasannya : sebentar ini-lah,...masih dekat di sekitar rumah ini lah...
dan semakin seringlah terdengar kata kata seperti apa yang dikatakan salah satu temanku tadi
"Eehhh kamu thooo, pangling!...cantikan ga pake jilbab lho..."
Tambah mongkok dan PeDe lah aku ;

Semakin sering ku tinggalkan jilbab
Bahkan di suatu hari kuhibahkan semuaaa jilbabku pada *yang lebih kuat iman he he he...

Semakin lama tambah mabuk fashion... mabuk make up
Baju mode terbaru, rambut panjang ikal yang semakin indah karena dismoothing...
facial, braces....
Apaaaah ajaaa yang katanya bikin nambah cakep he he he

Beberapa tahun,aku melangkah keluar pagar rumah,
kekampus,belanja,jalan jalan...tanpa mengenakannya lagi


Kemudian pada suatu periode dalam kehidupanku...
Aku di berikan ujian berat dalam hidupku
Aku merasa hatiku hancur dan kosong, dan setiap hari aku di hinggapi rasa yang tidak nyaman tidak aman...
Aku pernah jatuh sakit yang lumayan payah...(mungkin karena begitu banyak beban pikiran)
Bobot badanku hanya 43 kg dengan tinggi badanku yang 160 cm
Tulang2ku cukup besar membuat aku kelihatan sangat kurus seperti jerangkong, 

Aku beberapa bulan *Bronkhitis akut
Sulit bernafas,tak doyan makan... sekilas kelihatannya kayak pasien TBC paru-paru. -_-"

Lalu entah terkena angin apa... Aku memutuskan mengenakannya jilbab lagi



Aku merasa butuh perlindungan dan rasa aman...
dan Allah-lah saja yang bisa memberikannya padaku, melalui jilbab ini

Beberapa bulan kemudian, aku sembuh... sehat,adem ayem,tentrem...


  
Lulus kuliah DIII, tuntutan kerja di perusahaan asing menggodaku melepaskan jilbabku lagi
Ada berbagai macam alasan yang sebenarnya kurang relevan dan terlalu dibesar besarkan
Kerudung tidak sesuai tuntutan kerja diperusahaan multi nasional...
Kerudung bisa menghambat perjalanan karir karena kamu berurusan dengan orang asing...
 jilbab = muslim radikal
(saat itu lagi rame-ramenya peristiwa terorisme, bom bali, jw marriot dsb...)
dan jilbabku sayang itupun kulepas lagi...



Suatu hari karena suatu alasan aku keluar dari perusahaan itu,...
Peristiwa ini berulang hingga beberapa kali...
pakai lepas pakai lepas pakai lepas, terussss keluar masuk beberapa perusahaan..
(masih suka bertualang dan mencari jati diri ceritanye... -_-")

Suatu saat yang lain, saat aku bener-bener lepas dari  perusahaan manapun
(bekerja diperusahaan asing sepertinya tak selaras dengan jiwa keinginan dan kemampuanku)
aku juga tak suka bekerja under pressure
Aku menginginkan beberapa profesi lain yang menurutku sangat mulia, cocok dengan cita citaku
dan sesuai dengan apa yang aku inginkan!...

Akupun memohon sambil berjanji pada Allah...
"Ya Allah, aku akan mengenakan kembali jilbabku jika Engkau berkenan mengampuniku... dan
Ya Allah, mohon berikanlah aku pekerjaan yang cocok dengan kepribadian dan impianku..."
Alhamdulillah... Allah mengabulkan permintaanku...
Akupun mengenakannya lagi

*I'm the one wearing blues

Memang, akan selalu ada begitu banyak godaan dan alasan...
untuk bisa konsisten menjalankan kebaikan dan perintah Allah SWT
...

Yah ...
Manusia memang akan selalu diliputi kekhawatiran akan " masa depan" dan penerimaan orang lain...
Tapi kini aku lebih khawatir pada apa yang akan terjadi diakhir kehidupanku setelah mati

Tidak ada yang mengetahui rahasia umur selain Allah...
Aku kini sungguh takut mati sebelum bertaubat, dan aku kini tidak begitu peduli pada pendapat orang.
Aku hanya ingin memperbaiki diri saja...


foto dari fb :Yusuf Mansyur Network

Alhamdulillah sudah diberi kesadaran seperti ini,
Artinya mungkin hidayah Allah sudah turun sedikit demi sedikit kepadaku,...
Sebagai manusia yang masih muda, masih pengin ini itu... wajarlah kalau kadang goyah...
Tapi yang penting kita selalu berusaha memberbaiki diri dan menyempurnakan ibadah...

Eitts ini my recent photo
Aku merasa sekarang aku lebih cantik ya...*setelah pakei jilbab...
Dan aku merasa semakin cantik dari hari kehari, meskipun bertambah usia
He heee.. kepedean

Yang asyik sekarang...
Pergi kemana mana merasa aman, tidak ada yang berani mengganggu, apalagi nyuit-in...
Tidak pernah ada lagi kasus rambut splitends karena kepala dan rambutku kini terlindungi dari panasnya matahari dan polusi...
Juga hemat sunscreen.... karena sekarang aku cuma pakai sunscreen diwajah dan ditangan aja ^_^

Oh I'm beautiful no matter what they said.....
*beautiful -Cristina Aguilera

 

Semoga Allah memberi kemudahan bagi kita dalam setiap kebaikan yang ingin kita kerjakan
Semoga Share ini berguna bagi teman temanku,
dan Allah berkenan menjadikan ini sebagai tambahan pahala untukku
Aamiin...

Dwiyana Tohara 25/october/2012

apakah jilbabmu sudah islami?
renungan
Hukum/Syubhat Seputar Jilbab

2 komentar:

  1. mbak,cantikan pake jilbab :)

    aku juga masih sama masih dalam tahap labil,,antara berjilbab dan nggak,,tapi insyallah Allah membimbing dijalan yg benar :)

    masih suka ikut2an mode jilbab ini itu,tapi lama-lama berasa ribet sendiri hihihi..makasih share nya ya :D

    BalasHapus
  2. alhamdulillah ya miya,...
    kita emang cantikan pake jilbab kok : ) *yakinnnnn
    aku juga kadang kadang masih kormod kok,
    lama lama mikir :... ngapain tho ya,...
    wong Allah maunya kita bersederhana sederhana...
    kok malah aku sendiri yang rebet bin repot,
    bener deh,...ngejar keinginan itu enggak ada habisnya
    teteup haus dan haus, malah semakin hausss...
    Semoga kita selelu dibimbing kearah yang lebih baik setiap hari ya say...kita pasti bisa
    SemangadddDDDD ^o^

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya
Mohon untuk tidak posting komentar dagangan dan iklan di sini,
Untuk kerjasama silahkan hubungi email saya