Selasa, 03 Februari 2015

Masalah Kulit dan Urusan Dompet Part II, Natural Care

INGREDIENTS
Bagi yang pingin memelihara isi dompet
Ingredients itu penting banget



Oleh karena itu rajin rajinlah cari tahu tentang ingredients produk yang
bisa dan dan tidak bisa dipakai -  mana saja yang berpotensi  menimbulkan reaksi negatif pada kulitmu, kecuali kamu adalah orang yang gak sayang sayang sama kulit dan duit
#kayaknya gak ada yang ngacung



Sebenernya sebelum beauty blogging aku sudah jadi tukang belanja kosmetik
Kulit yang rewelll : begini begitu salah... Menjadikan saya tukang belanja skincare
Dan dari apa yang dibeli dan dipakai lebih banyak gagalnya daripada suksesnya


Ingin sekali memiliki kulit normal
Yang tanpa banyak perawatan tertentu, tanpa mengeluarkan banyak uang sudah bagus,

Ada seorang temanku, yang tidak pernah rebet bersihin wajah dengan 3 step kayak aku,
dia cukup cuci muka dengan sabun mandi 2x sehari,

jika hendak keluar rumah ia memakai pelembap merk o**y kemasan tube seharga 13.000


  
bedaknya pun cuma v**a yang kemasan karungan itu (zak)...
 
tapi, wajahnya cerah bersinar no jerawat no kemerahan...
Memiliki kulit normal adalah sebuah anugrah, paling tidak nggak begitu banyak perawatan yang dibutuhkan, tapi yang punya kulit rewel juga harus disyukuri..
caranya adalah merawat sebaik-baiknya " tanpa berlebih lebihan."

Jujur saja sejak menjadi beauty blogger aku semakin konsumtif,
membeli produk kosmetik mahal-mahal yang sebenarnya tidak kubutuhkan,
karena sudah ada produk dengan fungsi serupa di rumah
Sering beli kosmetik online yang mahal padahal produk serupa yang lebih bagus
bisa dibeli dengan harga murah pula didrugstore terdekat



Berkat coba-coba produk baru pula aku semakin sering kena disaster jerawat

Aku pernah 3 bulan puasa tanpa belanja kosmetik, tapi produk di laci n lemari masih banyak saja
Sedangkan dompet kering, dan wajah semakin sering dilanda jerawat
karena sering mencoba produk baru

Aku pun harus tobat- Insyafff,...
Aku berjanji hanya akan membeli dan memakai produk jika sudah mencari informasi sejelas jelasnya tentang komposisi, menyimak review kecocokan banyak orang, dan mempertimbangkan kecocokannya dengan sikon kulitku

Aku sering membaca ulasan Green Mommy  tentang natural skin care,
Yang kemudian membuat aku ingin menggunakan natural product untuk merawat diri, dari ujung rambut sampai ujung kaki, Nggak beli produk di Green Mommy sih,
Cuma terinspirasi aja -  dan sejak itu aku mulai menggunakan bahan bahan alami di dapur.
Untuk beberapa perawatan harian yang mungkin dilakukan dirumah.


Tapi karena kulit ku sensitif  meski produk yang dipakai natural dan edible
tetep aku lakukan test alergy, khususnya jika dipakai buat wajah

Caranya  mudah test alergi :
Oleskan bahan tersebut di rahang/ bagian tersembunyi  & diamkan 15 menit,
Kalau tidak terjadi  reaksi apapun berarti kemungkinan besar natural produk itu aman


Aku pernah nyoba scrub garam +olive oil  untuk badan... tapi ternyata aku gatal hebat setelah itu,
Kulit merah merah dan jadi overdry... aku simpulkan garam gak cocok aku pakai buat scrub.

Lain kali aku menggunakan gula pasir+olive oil 
ternyata tidak terjadi gatal dan kekeringan kulit, kulit aman dan terkendali :) :)
  
Aku coba share saja karena aku pingin banyak teman yang juga mulai beralih ke produk alami
untuk mengurangi dampak global warming dan mengurangi konsumi produk pabrikan.

Buka Kulkas :
  1. Tomat  : Masker jerawat, anti aging
  2. Jeruk : Mengusir ketombe n jerawat
  3. Apel : Slimming, Anti aging, Anti acne
  4. Kentang : Mengatasi mata sembap, kulit berminyak
  5. Wortel : Mencerahkan mata
  6. Seledri : Slimming, Hair Tonic
  7. Ketimun : Astringent, Kompres wajah sensitif, mata bengkak 
  8. Cuka Apel : Pengganti Face Toner
  9. Madu Lebah :Pengganti Face Mask
  10. Madu Kurma/Jus kurma :Pengganti Masker
  11. Minyak Zaitun : Remover, Carrier oil untuk massage, Conditioner
  12. Minyak Kelapa Murni :  Remover, Carrier oil untuk massage, Night Repair Oil buat seluruh tubuh
  13. Minyak Kayu Putih campuran untuk massage oil
  14. Teh Hijau : Face Toner, Masker
  15. Bubuk kedelai : Masker, Minuman enyakkkkkk dan bergizi 
  16. Telur : Masker Wajah, Masker Rambut
  17. Garam : Scrub Kaki, Masker Rambut
  18. Gula : Granule untuk Face Scrub, Lip Scrub dan Body Scrub
  19. Gula Coklat : Face Scrub, Face Mask
  20. Oatmeal : Makanan yang mengenyangkan, dan bagus buat kulit, Masker 
  21. Susu : Masker untuk semuaanya
  22. Yoghurt : Masker untuk semuanya
  23. Kopi/Ampas :Hand/Body/Slimming Scrub
  24. Coklat : Masker

Memang sih belum bebas dari produk pabrikan,...tapi memakai produk yang edible insyaallah
bisa meminimalisir resiko alergi


Produk pabrikan yang masih dibeli/belum ditemukan penggantinya dan merupakan belanjaan tahunan  :
  1. Facial Care : Remover, Cleanser, Essence, Cream,Sunscreen. 
  2. Body & Hair Care : Body Lotion & cream, Shower cream, Shampoo, body talc, deodorant
  3. Foundation/BB/CC : 1 pc 30 ml cukup untuk 1 tahun lebih... ngapain nyetok? cuma Make Up Artis/ Perias Manten yang stok-nya bakal benar benar bermanfaat.
  4. Powder : Loose/Compact : Beli 6 bulan sekali baru habis... 1 jar 30 gr cukup untuk satu tahun Laci saya dipenuhin bedak buat apa ya, pan muka cuma satu? (lego/hibahkan)
  5. Lipcolour : Stick, Balm, Tint  : 2 tahunan mungkin baru habisss... tetapi kenapa ada begitu banyak merek dan warna yang mirip mirip? (pinknude & caramel)
  6. Mascara : 1 cukup, benda ini harus diganti 3 bulan sekali, meski belum habis
  7. Brow Definer : Beli satu 2 tahunan mungkin baru habis/pendek
  8. Blush on/ Eye Shadow : Cukup 1 atau 2, pipi cuma dua... blason setengah lusin buat apa?
  9.  
Sekarang laci dan lemariku lebih lega
Rak kamar mandi pun lebih wajar, berisi supplies selayaknya kamar mandi lainnya
Ndak berjubel produk kayak rak supermaket.
Gak bingung mau make yang mana, karena hanya ada produk yang cocok untuk dipakai.


Semoga postingan ini bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya
Mohon untuk tidak posting komentar dagangan dan iklan di sini,
Untuk kerjasama silahkan hubungi email saya